Langsung ke konten utama

PROGNOSIS

Prognosis adalah yang digunakan dalam menyampaikan suatu tindakan untuk memprediksi perjalanan penyakit yang didasarkan pada informasi diagnosis yang tersedia. istilah medis ini yang menunjukkan prediksi dokter tentang bagaimana pasien akan berkembang, dan apakah ada kemungkinan pemulihan.

untuk Prognosis ini sendiri ada pembagiannya. 

1. Ad Vitam

asal kata Ad Vitam diambil dari kata Vital yang berari tanda-tanda Vital penderita. tanda vital ini yang berarti yang berhubungan dengan tekanan darah, laju frekuensi nadi, laju pernapasan. 

2. Ad Functionam

berasal dari Fungsi atau fisiologis tubuh seseorang. yang artinya ketika seseorang didiagnosis, kemudian diterapi hingga pada akhirnya, seorang dokter akan melihat lebih lanjut. apakah fungsi fisiologis dari tubuh yang mengalami suatu gangguan atau penyakit, akan kembali seperti sebelumnya, apakah akan kembali 100 % seperti awal. 

 3. Ad Sanationam

sanationam merupakah kekambuhan. artinya apakah penyakit gangguan fungsional tubuh manusia yang setelah diberikan pengobatan membaik, akan kembali kambuh. hal ini juga dipengaruhi oleh edukasi yang baik dan kepatuhan pasien dalam menjaga dan memulihkan kesehatan tubuhnya

selain  ketiga tersebut diatas, terdapat tiga ketentuan yang biasanya dokter akan memastikan bahwa seseorang yang mengalami sakit akan membaik dan fungsinya akan kembali seperti semula atau tidak. 

1. Bonam

mengarah kepada keyakinan yang pasti fungsi fisiologis seseorang akan membaik atau sembuh total

2. dubia ad bonam

yang berarti ragu akan kembali sepenuhnya normal

3. malam

artinya dipastikan penyakit yang diderita seseorang sulit untuk disembuhkan. 

semoga bermanfaat

wallahu a'lam bissowab. 

#obrolanmasbowo

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JALAN - JALAN MELINTASI KOTA PALEMBANG DENGAN LRT

TRAVELING PALEMBANG   - Palembang merupakan ibu kota Sumatera Selatan yang terkenal dengan Jembatan Ampera yang merupakan Jembatan kebanggaan Masyarakat Sumatera selatan,  Jembatan Ampera mempunyai panjang lebih dari 1000 meter dengan lebar 22 meter, dengan ketinggian mencapai 63 meter. Jembatan Ampera salah satu lintasan jalur lrt palembang yang sangat indah dan menakjubkan. banyak para Tarveler Palembang yang suka menyempatkan waktu berselfie rame- rame hanya untuk mendapatkan indahnya jembatan ampera dari dalam lrt palembang.  Perjalanan di kota palembang tak puas jika tidak merasakan Transportasi umum yang disediakan oleh pemerintahan kota palembang, salah satu Transportasi umum terbaru selain Transmusi adalah LRT yang dikenal lrt palembang. perjalanan menggunakan lrt palembang sangatlah nyaman. selain menyediakan tempat yang bersih, kursi panjang yang empuk, kita juga bakal ngerasain suasana dipuncak gunung yang sangat adem karenanya fasilitas yang ada yaitu AC sangat - san