Langsung ke konten utama

APA ITU BLOG

Apa itu Blog ? - Blog berasal dari kata Web-log, sedangkan blog mempunyai dua gabungan kata yang secara artikulasi mempunyai makna yang sangat banyak. Baiklah,,, Mari Kita bahas satu persatu dari singakatan kata Blog tersebut. 

Pertama adalah WEB
WEB singakatan kata dari Website yang artinya halaman web yang saling berhubungan yang pada umumnya berada pada server yang sama berisikan kumpulan sebuah informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok atau organisasi. Web juga merupakan sebuah situs/link/URL/alamat yang berkaitan dengan tempat dimana blogger menuliskan artikelnya pada website, dimana jika akan berkunjung atau main kerumah blogger tersebut harus melalui jaringan internet. 

WWW salah satu Webiste
Gabungan dari semua situs yang dapat diakses diinternet oleh publik netizen dengan dengan Word Wide Web (WWW) dan menurut beberapa blogger mengatakan bahwa web adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan dalam dunia maya yang selama terakses oleh jaringan internet atau wifi makan halaman web akan terus terkses dengan cepat. 

KEDUA ADALAH LOG
Log merupakan buku catatan harian yang berisi tulisan - tulisan penting yang dijadikan sebuah dokumen atau artikel baik rahasia atau disebarluaskan. Log yang yang mempunyai makna logika dan logaritma  berarti artikel yang ditulis di suatu artikel atau postingan artikel yang merupakah hasil sebuah pemikiran seseorang yang kemudian di alogaritmakan didalam sebuat situs web. 

Oleh sebab itu, maka kesimpulannya bahwa gabungan makna yang berasal dari web dan log menjadi Blog, Blog yang artinya sebuah website yang digunakan untuk memberikan informasi berupa catatan/artikel  rahasia atau terbuka yang dijadikan oleh blogger sebuah catatan sehari - hari atau catatan yang mengandung banyak arti, makna, ilmu pengetahun dan tutorila-tutorial yang dikases melalui internet.
Blog juga sering diartikan akronim weblog meminjam dari wikipedia, Blog didefinisikan sebagai bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum yang bisa dibaca melalui akses internet.
jika didefinisikan secara formal, blog adalah website yang mengandung isi dalam urutan waktu terbalikan dan tediri atas postingan-postingan. dimana postingan terdahulu akan ditampilkan terlebih dahulu, baru kemudiian postingan lama.
Blog itu sendiri mempunyai komponen yang menggunakaan sebuah sistem penerbit yang telah dirancang secara khusus untuk konten atau artikel posting dinamis dan terdapat beberapa fitur standar didalamnya, seperti Menu atau menubar, navigasi, side bar,  halaman posting, link, widget atau tempat komentar yang digunakan untuk meningkatkan interaksi positif antara penulis dan pengunjung (bahasa kerennya visitor :D).
Selain dari makna blog, ada komponen kata blog yang ketambahan kata


1. bila ketambahan kata ‘ing’ makang menjaadi blogging yang merupakan suatu aktivitas menlis postingan, catatan, konten, artikel yang dilakukan oleh blogger
2. jika ketambahan kata ‘er’ yang berarti blogger merupakan sebagai sebutan untuk seorang yang menulis atau mengelelola blog
Istilah lainnya yang berhubungan dengan blog :
Blogspot: yang artinya suatu platform blog yang disediakan secara gratis oleh google karena ini merupakan salah satu progeram google yang disediakan atau disajikan untuk para penulis attau blogger.
Blogwalking : merupakan suatu aktivitas seorang blogger yang berkunjung ke blog orang lain dan meninggalkan jejak  atau jika ketika kita lihat didasbord blog ada sebuah penayang, itulah blogwalking beda halnya dengan visitor yang  merupakan pengunjung yang mempunyai interaksi aktif dengan seorang yang memiliki blog tersebut.
Blogroll merupakan daftar link atau daftar alamat blog teman yang diletakan atau tanamkan di sisi halaman blog yang bertujuan untuk promosi, tukar link dengan teman atau hanya menampilkan daftar blog yang sering dikunjung yang mungkin akan berguna bagi pengunjung.
setelah mengetahui dan memahami apa blog itu jika brother-brother mempunyaai karakter yang suka menulis, konsisten dalam menulis serta mempunyai ide-ide kreatif, saran saya silahkan tuangkan dalam blog. namun pada intinya, dari kalangan manapun kita jika mempunyai niat baik untuk menulis diblog kita bisa saja menjadi soran blogger. jika brother mengetahui, jutaan dari penduduk indonesia yang menggunakan internet setiap harinya, hal ini menjadi sebuah kesempatan tulisan pada blog brother untuk dibaca oleh ratusan,  ribuan bahkan jutaan orang setiap waktunya. jika ada kesempatan seperti ini, mari kita ekspresikan ide kreatif menulis kita  dalam tulisan curhatan atau cerita pengalaman dan informasi positif lainnya yang bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JALAN - JALAN MELINTASI KOTA PALEMBANG DENGAN LRT

TRAVELING PALEMBANG   - Palembang merupakan ibu kota Sumatera Selatan yang terkenal dengan Jembatan Ampera yang merupakan Jembatan kebanggaan Masyarakat Sumatera selatan,  Jembatan Ampera mempunyai panjang lebih dari 1000 meter dengan lebar 22 meter, dengan ketinggian mencapai 63 meter. Jembatan Ampera salah satu lintasan jalur lrt palembang yang sangat indah dan menakjubkan. banyak para Tarveler Palembang yang suka menyempatkan waktu berselfie rame- rame hanya untuk mendapatkan indahnya jembatan ampera dari dalam lrt palembang.  Perjalanan di kota palembang tak puas jika tidak merasakan Transportasi umum yang disediakan oleh pemerintahan kota palembang, salah satu Transportasi umum terbaru selain Transmusi adalah LRT yang dikenal lrt palembang. perjalanan menggunakan lrt palembang sangatlah nyaman. selain menyediakan tempat yang bersih, kursi panjang yang empuk, kita juga bakal ngerasain suasana dipuncak gunung yang sangat adem karenanya fasilitas yang ada yaitu AC sangat - san